Melintas Gunung Sindoro Via Sikatok-Kledung

Lapangan

Kawah Sindoro

Foto Bersama Dipuncak Sindoro
Foto bersama pendaki lain di batu tatah
Pos 3
Pos 2

Pos 1

Basecamp Kledung

19 februari 2015 adalah hari dimana bagi sebagian besar mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan perguruan tinggi di purwokerto yaitu Universitas Jenderal Soedirman sedang menikmati liburan semester, tidak bagi kami yang terdiri dari 5 orang yaitu Arel, Zaki, Elva, Lusi dan Vindri mempunyai kewajiban sebagai Anggota Muda Unit Pandu Lingkungan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Jenderal Soedirman yang untuk melintas Gunung Sindoro yang mempunyai ketinggian 3150 mdpl.
                Pagi hari kami sudah bersiap-siap untuk berangkat ke wonosobo menuju gunung dimana puncak tersebut berdampingan dengan gunung sumbing. Kami datang ke sekretariat UPL MPA UNSOED pukul 07.00. setelah melakukan packing terakhir akhirnya dilakukan pelepasan, sebuah momen kita berdoa bersama dan menerima beberapa pesan dari seluruh anggota UPL MPA UNSOED.
                Setelah pelepasan dengan anggota yang lain kita menuju ke wonosobo menggunakan transportasi umum. Sekitar 3 jam akhirnya kita bisa mencapai SPBU Klerang Wonosobo. Kemudian dilanjut menggunakan angkutan umum. Pukul 13.50 kita sampai di Basecamp Sikatok dan menginap disini. Esoknya Kami  bangun pada pukul 03.30 untuk melakukan aktivitas camp seperti memasak. Kita sarapan pagi pada pukul 05.39. kemudian di lanjutkan senam pagi agar dalam perjalanan kita tidak mendapatkan cedera di karenakan kurang pemanasan.
Kita memulai perjalanan pada pukul 06.45 Medan pertama yang kita lewati untuk menuju puncak yaitu perkebunan teh. Dengan suhu dingin yang khas dengan dataran tinggi kita berjalan dengan penuh semangat, suhu dingin tidak menghalangi usaha kami untuk menuju puncak. Perkebunan teh yang hijau menjadi semangat tambahan bagi kami. Setelah medan dengan pemandangan yang indah. Kita memasuki medan hutan. Medan ini cukup terjal dan menguras tenaga. Karena medan yang akan kita hadapi merupakan jalan yang terjal dan menanjak sampai puncak. Kami sampai puncak pada Pukul 17.03,  kita memutukan untuk mendirikan camp disini  karena tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan menuju target seharusnya yaitu watu tatah. Pukul 05.20 kami bangun dan memulai aktivitas camp. Dingin nya malam membuat kami sedikit malas untuk beraktivitas. Pagi ini dimulai dengan sarapan dan senam pagi, hanya memakan waktu 10 menit dari camp menuju puncak.
                Perjalanan turun cukup mengalami hambatan, beberapa anggota yang mulai kelelahan membuat lambat pergerkan tim, tapi ini bukan masalah karena kita bekerja sebagai tim dan juga keluarga, kondisi jalan yang berkerikil dari puncak sampai ke batas vegetasi pun membuat kami berseluncur di tanah(terjatuh). Kita sampai di basecamp pada pukul 16.36, setelah pamit dan meminta perizinan akhirnya kita menuju plaza, dari sini kita menuju  secretariat UPL MPA UNSOED pada pukul 22.52.
                Memang dalam perjalanan ini kita mendapatkan pelajaran yang tida hanya teori namun pelajaran hidup juga. Bagaiamana kita menghadapi orang-orang yang mempunyai karakter berbeda. Dan bagaimana kita mengambil keputusan dalam suatu keadaan yang tidak terduga. Nikmati saja semua proses yang ada di hidup ini. Belajar dari alam, karena alam memberi, hargailah alam.