Bersiaplah Untuk Mencapai Ketinggian Baru Menuju Operasional Pengembaraan : Try Out Anggota Muda Cakar Karang

Tebing Lawe berada di Desa Kendaga, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Secara geografis tebing Lawe berada di titik koordinat 07° 19' 59" LS, 109° 42' 20" BT. Karakteristik dari batuan Tebing Lawe yaitu batuan andesit dan berkapur. Tebing Lawe memiliki ketinggian 230 meter dan harus melewati 5 pitch untuk menuju top tebing Lawe. Pada Tebing Lawe terdapat banyak overhang diantaranya overhang pertama merupakan jalur yang sedikit ke kiri dan overhang selanjutnya ada pada 40 meter setelah overhang pertama. Terdapat dua jalur, yaitu jalur utama berada di sebelah kanan overhang tebing Lawe. Jalur ini merupakan jalur terbaru setelah pemanjatan terakhir sekitar ±4 tahun lalu. Tetapi hanger yang terpasang saat ini sudah mulai berkarat, namun dari segi kekuatan hanger yang terpasang masih kuat. Jarak dari dasar tebing ke hanger pertama ±3 meter, tetapi pada jarak 3 meter ini terdapat pijakan untuk pemanjat dapat mencapai hanger pertama. Berdasarkan para pembuat dan pemanjat jalur Tebing Lawe memiliki grade berkisar 5b - 7c+ atau 5.9 - 5.13 (YDS), moderate to expert level (tingkat sedang hingga ahli), karena terdapat overhangs, lebih sedikit pijakan kaki, dan jarak antar pegangan cukup jauh.

Gambar 1. Jalur Tebing Lawe

Kegiatan Try Out adalah uji coba tim untuk persiapan pengembaraan dalam bentuk pelatihan yang digunakan untuk meningkatkan skill Anggota Muda. Kegiatan ini telah terlaksana pada tanggal 20-26 Agustus 2024, yang diikuti oleh lima orang Anggota Muda yaitu Ali Sabab Izzul Abi, Achmad Muchlisin, Adhella Rosmala Sari, Fahriel Fernandes Mafu, dan Nadia Naurotul Ahadiyah, serta ditemani oleh tiga orang pendamping dari Anggota Biasa yaitu Sabrina Abeallya Afthoni (NRP.UPL-2021473/CE), Choirul Anaam (NRP.UPL-2023502) dan Wahyu Fajar Subekti (NRP.UPL-2023503/EK). Kegiatan pemanjatan ini bukan hanya dilakukan sebagai bentuk latihan, tetapi juga sebagai salah satu syarat Anggota Muda untuk mendapatkan Nomor Registrasi Pokok. Salah satu tahapannya ialah memasuki masa pengembaraan yang merupakan tahap akhir dari kewajiban Anggota Muda sebagai persiapan, pemantapan, menambah skill, dan pengaplikasian materi yang telah didapat selama ini. Untuk itu, kami Anggota Muda Cakar Karang melaksanakan salah satu tahap pengembaraan, yaitu Try Out Pemanjatan Tebing di Tebing Lawe

Perjalanan dari Basecamp Tebing Lawe (Bu Mardjuki) menuju ke dasar tebing terbilang cukup jauh, karena dari basecamp tersebut harus menggunakan sepeda motor untuk sampai pada pertigaan terakhir yang bisa dilalui oleh sepeda motor. Setelah turun dari basecamp menuju jalan raya kemudian melewati tiga tikungan, pada sebelah kiri jalan terdapat warung, dan terdapat jalan cor untuk menuju dasar Tebing Lawe. Sekitar satu menit menggunakan motor, terdapat pertigaan jalan kemudian belok kanan, setelah itu terdapat pertigaan jalan terakhir yang merupakan perbatasan jalan cor dan jalan setapak kemudian belok kanan. Pertigaan ini berupa batuan setapak dan dikelilingi kebun salak, sekitar 2 menit berjalan sampailah di sebuah gubuk kemudian lurus dan mulai menanjak curam. Setelah melewati gubug sekitar 2 tanjakan dan menghabiskan waktu selama 15 menit dari gubug menuju dasar tebing. Keadaan dasar tebing terbilang cukup aman karena tempatnya memiliki 2 undakan, pada undakan pertama dengan luas 2 x 3 meter dan terdapat batuan di sebelah kanan untuk membentengi dari batuan tebing yang jatuh. Selain itu, terdapat undakan kedua yang bisa dijadikan tempat masak dan tempat peralatan pemanjatan. Jarak dari tempat camp cukup menanjak dan curam sehingga perlu dipasang webbing atau tali untuk mempermudah mobilitas perjalanan menuju dasar tebing.

Gambar 2. Tempat Camp Tebing Lawe

Gambar 3. Dasar Tebing Lawe

Selama kegiatan Try Out, Tim Panjat Tebing telah melaksanakan 7 metodologi sesuai rencana operasional yaitu manajemen perjalanan, pengenalan medan, pemahaman peralatan, pengetahuan tingkat kesulitan medan pemanjatan (grade), sistem dan metode pemanjatan tebing, transferring dan pemetaan jalur. Untuk menuju pitch satu terdapat beberapa hanger dengan jarak per hanger 2-3 meter, kesulitan untuk menuju pitch 1 terdapat pada setelah melewati overhang pertama yaitu pegangan yang minim dan hampir vertikal dan juga jarak hanger yang jauh sekitar 4 meter, sedangkan pada pitch 2 terdapat pada setelah melewati pitch 1 yang sedikit ke kiri berupa jalur seperti tembok vertikal dan jarang hanger nya sekitar 3 meter, selain itu terdapat pada sebelum overhang overhang terakhir karena setelah memanjat sedikit ke kanan dan akan naik tidak terdapat bolt yang terpasang sehingga harus menggunakan bantuan python.

Gambar  4. Pemanjatan target 20 meter

Pada pemanjatan awal target setinggi 20 m memiliki karakteristik yang cukup sulit untuk pemula karena pijakan yang cukup jauh dan pegangan yang minim untuk mencapai posisi bolt, terdapat 2 overhangs yang menjadi rintangan pemanjatan ini. Pada overhangs pertama cukup mudah dilalui untuk postur tubuh yang tinggi, dan overhangs kedua yang menjadi tantangan karena perlu kekuatan tangan, kaki dan mental yang kuat untuk memanjat dengan bolt sekitar 4 meter dari bolt terakhir. Untuk batuan andesit ini terbilang licin, namun jarak antar bolt cukup jauh sehingga perlu latihan yang ekstra dari segi fisik maupun mental seorang pemanjat. Terdapat 15 bolt yang terpasang untuk mencapai pitch 1. Pada area pitch 1 memiliki 1-2 tempat yang cukup aman untuk dijadikan tempat bellayer atau untuk istirahat. Tetapi pada pitch 1 ini hanya terdapat 3 bolt yang terpasang untuk dijadikan pengaman, sehingga dari segi tempat istirahat maupun mobilitas pemasangan pengaman cukup sulit.

Gambar 5. Hanging Camp pada ketinggian 50 meter

Kemudian tim melanjutkan pemanjatan untuk mencapai pitch 2 (Gajahan) dengan jalur yang sedikit naik dan melipir kanan lalu kembali lagi ke arah kiri, pada area ini jarak bolt sebelumnya ke bolt selanjutnya cukup jauh dan memiliki karakteristik seperti apitan tembok yang hampir vertikal tetapi masih bisa digapai. Pada sepanjang jalur menuju pitch 2 ini minim pijakan dan pegangan sehingga pemanjatan hanya dilakukan dengan teknik artificial climbing. Setelah melewati overhang ini ada tempat yang cukup aman untuk memasang pengaman dan membuat dudukan, persis dibawah pitch 2 sebelum melewati overhang.

Gambar 6. Pitch 2 (Gajahan) di ketinggian 65 meter

Pemanjatan menuju pitch 2 harus melewati bolt vertikal yang cukup sulit, lalu sedikit berjalan ke arah kanan dengan 4 bolt sudah terpasang, tetapi untuk melanjutkan pemanjatan dibutuhkan pemasangan bolt selanjutnya dengan dua python untuk bisa berdiri di celah kecil overhang terakhir menuju pitch 2. Bolt total yang ada sepanjang jalur dari pitch 1 ke pitch 2 sekitar 20 bolt dengan tambahan 2 python. Setelah melewati overhang terakhir tim sampailah di pitch 2 dengan jalur yang setapak untuk menuju area pitch 2. Pada pitch 2 sering dikenal dengan sebutan “Gajahan” atau “ibu hamil” karena batuan besar yang hampir mirip dengan kepala gajah dan mirip juga dengan ibu yang sedang hamil. Pitch 2 memiliki luas sekitar 2 x 3 m dan memiliki sekitar 6 bolt yang ada untuk bisa dijadikan pengaman atau anchor. Kemudian ada 3-4 tempat yang bisa dijadikan bellay bahkan bisa dijadikan untuk tempat istirahat.

Gambar 7. Melakukan pemanjatan 75 meter

Untuk mencapai bolt 1 dari pitch 2 memiliki jangkauan yang cukup jauh sehingga leader tim panjat langsung memasang python untuk mencapai bolt 1. Setelah memasang hanger pada bolt 1 leader hanya dapat memasang total 3 hanger karena bolt selanjutnya belum terpasang dan jangkauan pijakan maupun pegangan terlalu jauh sehingga tim memutuskan untuk menghentikan pemanjatan dengan berbagai pertimbangan. Setelah semuanya selesai tim langsung melakukan cleaning alat dan turun kembali ke basecamp untuk bermalam dan kembali ke Sekretariat UPL MPA Unsoed di esok harinya.

Gambar 8. Pemandangan dari Pitch 2

Next, kita explore tebing mana lagi ya Genks? Ikuti terus lini masa Tim Panjat Tebing AM CK. Salam Panjat!